cara-kerja-search-engine

5 Search Engine Alternatif Selain Google

Mungkin setiap kali mendengar kata search engine, situs Google langsung terngiang di kepala. Wajar saja, karena sejak diluncurkan di tahun 1998, Google langsung mendominasi pangsa pasar situs pencarian di seluruh dunia. Nah, di artikel kali ini kita akan bahas 5 search engine terbaik selain Google yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif

Kalau melihat dari sisi bisnis, brand awareness dan brand positioning dari situs ini sangat luar biasa. Sehingga tidak heran jika Google menjadi search engine yang populer dan dominan di internet. Akibat hal tersebut, kita pun secara default juga demikian. Ketika kita ingin mengetik sebuah kata kunci di mesin pencari, Google adalah situs yang langsung kita buka.  Walau hal tersebut sangatlah wajar, namun faktanya Google bukanlah satu-satunya mesin pencari yang ada di internet.

Terdapat juga beberapa situs lain yang berfungsi sebagai search engine yang juga tidak kalah hebat dari situs populer tersebut. Berikut adalah lima mesin pencari yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif :

BACA JUGA  Gimana Cara Menghitung Kebutuhan RAM Smartphone

Bing

Mesin pencari Bing kini bisa dikatakan sebagai wakil Google dan bisa dijadikan alternatif, apabila kita tidak bisa menemukan apa yang kita cari di Google. Kita pun langsung lari ke situs pencari yang dikembangkan oleh Microsoft yang satu ini. Selain memiliki tampilan thumbnail yang jauh lebih keren, kita juga bisa melakukan preview dengan voice ketika melakukan pencarian file video. Halaman desktop Bing juga dilengkapi dengan foto objek dan bangunan yang menyejukkan mata dan hati. Hal ini sangat berbeda sekali dengan Google yang hanya menampilkan halaman putih atau hitam polos. Bagi kamu yang saat ini bekerja dan malas untuk menginstall program Microsoft Office di PC, kamu bisa bekerja menggunakan Microsoft Office di Bing.

Yahoo

Jauh sebelum Bing, ada Yahoo yang pertama kali menjadi wakil Google. Bahkan di era internet pertengahan 90-an, Yahoo menjadi search engine premier paling utama dan paling sering digunakan oleh para pengguna internet. Sayang sekali, kini setelah adanya Google dan Bing fungsi Yahoo sebagai search engine sudah sangat menurun. Kini situs ini lebih banyak digunakan untuk update berbagai berita. Namun bukan berarti kita sudah tidak bisa lagi melakukan pencarian melalui Yahoo. Kita masih bisa memanfaatkan fitur Yahoo Answer, dimana hasil pencarian atau pertanyaan yang kita dapatkan akan jauh lebih detail.

BACA JUGA  Cara Mengubah Smartphone Menjadi Perangkat Camera CCTV

Yandex

Yandex bisa dikatakan sebagai Google-nya Rusia. Dilihat secara market share, Yandex adalah salah satu dari lima search engine terbesar di dunia. Seperti Google, Yandex juga memiliki web browser sendiri yaitu yandex browser. Selain bisa melakukan pencarian seperti Google, situs ini juga memberikan pelayanan lain seperti e-commerce, transportasi online, terjemahan dan juga menyediakan fitur penyimpanan berbasis Cloud.

Karenanya, ketika kita menyimpan foto, audio atau file apapun dalam sistem penyimpanan mereka ini, file simpenan ini nantinya langsung terdaftar dalam search engine dan bisa kita langsung ketik di pencarian mereka.

DuckDuckGo

Bagi kalian yang belum pernah tahu atau bahkan belum menggunakan mesin pencari ini, tidak usah pikir panjang. Langsung buka dan instal situsnya. Pertama, kamu bisa dengan bebas melakukan kustomisasi halaman situsnya, mengganti tema, menonaktifkan safesearch dan sebagainya.

BACA JUGA  Rekomendasi 5 Daftar HP Android Kamera Bagus Seperti iPhone

Kedua, pencarian kata kuncinya jauh lebih dalam dan lengkap dan yang penting DuckDuckGo mengedepankan privasi penggunanya. Secara spesifik, fitur di DuckDuckGo tidak seperti Google yang tidak menyimpan data-data aktivitas pencarian kita.

YouTube

Masih banyak dari kita yang menganggap YouTube sebagai situs atau media unggah dan nonton video saja. Padalah kalau kita telaah lebih jauh YouTube secara tidak langsung juga termasuk sebagai search engine.

Mengapa demikian? hal ini sebenarnya logika saja. Ketika kita mengetikkan kata kunci untuk menonto video tertentu, otomatis YouTube langsung mencari dan menampilkan video yang memuat kata kunci tersebut. Nah, metode ini sama persis seperti kita mengetikkan kata kunci di Google atau Bing. YouTube gampangnya bisa dikatakan sebagai versi view dari situs di Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published.